ASSALAAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUH

Rabu, 26 Oktober 2011

MORFOLOGI SERANGGA

ENTOMOLOGI
Entomologi berasal dari kata entomos (insect) atau insist yang berarti irisan dan logos (ilmu) yang memiliki pengertian ilmu yang mempelajari tentang serangga. (Otang Hidayat dkk).
Sebagai bagian dari komunitas ekosistem bumi, serangga telah menjadi penentu keberadaan dan perkembangan ekosistem di muka bumi. Interaksi antara serangga dengan manusia sudah berlansung sejak manusia ada dan hidup di dunia. Serangga mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Nilai ekonomi serangga dapat mencapai trilyunan rupiah setiap tahun. Nilai yang menguntungkan dapat berasal dari produk seperti madu, royal jelly, sutera, jasa penyerbukan, agens hayati, perombak, pariwisata, sumbangan dalam ilmu pengetahuan, dan peran dalam ekosistem. Jutaan ton produk pertanian hilang karena kerusakan yang disebabkan oleh serangga. Begitu juga kerugian yang besar akibat gangguan kesehatan hewan dan manusia yang disebabkan oleh penyakit yang ditularkan dan disebarkan oleh serangga. Trilyunan rupiah dana digunakan untuk biaya pengendalian hama tanaman, hama pascapanen, hama permukiman serta penyakit pada tanaman, hewan dan manusia yang ditularkan oleh serangga. Manusia sering memandang serangga secara antroposentris, yaitu sebagai kelompok organanisme yang lebih banyak mendatangkan kerugian daripada keuntungan bagi kehidupan manusia. Namun pada hakekatnya aspek-aspek positif dan manfaat serangga bagi kehidupan manusia jauh lebih besar dibandingkan aspek-aspek yang merugikan. Dengan belajar Entomogi kita bisa menempatkan serangga secara proporsional dalam kehidupan, sehingga tidak memandang serangga sebagai hewan yang selalu merugikan.Serangga merupakan hewan yang dorninan di humi ini, terdapat dimana-mana baik di darat maupun dalarn air. Dominasi dari serangga tersebut disebabkan karena serangga, mempunyai adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya. Selain itu serangga memiliki waktu generasi yang singkat dan banyak serangga yang berukuran kecil.Serangga terdiri atas ratusan ribu jenis, bentuknya sangat bervariasi, ukurannya beracam-macam mulai dari yang mikroskopis sampai yang makroskopis. Saat ini yang sudah berhasil diidentifikasi dan diberi nama sekitar sejuta serangga. Saat itu jika diperkirakan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia sekitar 10 juta, maka menurut perkiraan Rothschild (Ride, 1978) terdapat sekitar 7 juta serangga atau 70% dari seluruh makhluk hidup yang ada saat ini. (Otang Hidayat)
Salah satu alasan mengapa serangga memiliki keanekaragaman dan kelimpahan yang tinggi adalah kemampuan reproduksinya yang tinggi, serangga bereproduksi dalam jumlah yang sangat besar, dan pada beberapa spesies bahkan mampu menghasilkan beberapa generasi dalam satu tahun. Kemampuan serangga lainnya yang dipercaya telah mampu menjaga eksistensi serangga hingga kini adalah kemampuan terbangnya. Hewan yang dapat terbang dapat menghindari banyak predator, menemukan makanan dan pasangan kawin, dan menyebar ke habitat baru jauh lebih cepat dibandingkan dengan hewan yang harus merangkak di atas permukaan tanah (Wikipedia.org).
Keanekaragaman serangga telah terdapat pada periode Carboniferous (sekitar 300 juta tahun yang lalu). Pada periode Permian (270 juta tahun yang lalu) beberapa kelompok serangga telah menyerupai bentuk yang dijumpai sekarang. Sayap pada serangga mungkin pada awalnya berevolusi sebagai perluasan kutikula yang membantu tubuh serangga itu menyerap panas, kemudian baru menjadi organ untuk terbang. Pandangan lain menyarankan bahwa sayap memungkinkan hewan itu meluncur dari vegetasi ke tanah, atau bahkan berfungsi sebagai insang dalam serangga akuatik. Hipotesis lain menyatakan bahwa sayap serangga berfungsi untuk berenang sebelum mereka berfungsi untuk terbang (Wikipedia.org)
Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Fosil-fosilnya dapat dirunut hingga ke masa Ordovicius. Fosil kecoa dan capung raksasa primitif telah ditemukan. Sejumlah anggota Diptera seperti lalat dan nyamuk yang terperangkap pada getah juga ditemukan.

 1. antena
2. ocelli (bawah)
3. ocelli (atas)
 5. otak (ganglia otak)
6. dada depan (prothorax)
7. pembuluh darah dorsal
8. saluran trakea (ruas-ruas dengan spirakulum)
9. dada tengah (mesothorax)
10. dada belakang (metathorax)
11. sayap depan
12. sayap belakang
13. perut
14. jantung
15. ovarium
16. perut belakang (usus, rektum, anus)
17. anus
18. vagina
19. berkas saraf (ganglia perut)
20. saluran Malpighia
21. tungkai dada
22. cakar pengait
23. tarsus
24. tibia
25. femur
26. trochanter
27. perut depan
28. ganglion dada
29. coxa
30. kelenjar ludah
31. ganglion suboesophagus
32. mulut
Tubuh serangga beruas-ruas dan ruas-ruas tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu kepala, toraks (dada) dan abdomen (perut). Pada kepala terdapat mata, antena dan alat-alat mulut. Pada dada terdapat tiga pasang kaki, pada dada bagi serangga yang bersayap terdapat satu pasang sayap atau dua pasang sayap.
Serangga mempunyai rangka luar eksoskeleton yang berfungsi untuk memperkokoh tubuh dan tempat melekatnya otot. Sistem otot serangga lebih kompleks dari golongan invertebrata lainnya. Pada beberapa jenis serangga terdapat dari beberapa ratus sampai beberapa ribu otot, misalnya pada belalang terdapat 900 otot, dan pada ulat kupu-kupu terdapat 4000 otot (manusia hanya memiliki 800 otot).
Berdasarkan struktumya, otot serangga berupa otot lurik. Otot serangga ada yang dapat berkontraksi secara terbatas ada pula yang dapat berkontraksi dengan sangat kuat, misalnya otot untuk menggerakan sayap. Energi untuk pergerakan otot diperoleh dari hasil pembakaran, sumber cadangan energi berupa senyawa glikogen, prolin ataupun lemak. (Elzinga, 1987).
Sistem pencernaan serangga berupa saluran pencernaan mulai dari mulut sampai ke anus. Sistem pengeluaran pada serangga melaiui pembuluh malpighi. Sistem respirasi pada serangga dengan sistem trakea. Sistem sirkulasi pada serangga melalui pembuluh darah yang letaknya pada bagian dorsal yang memanjang dari dada sampai perut. Pembuluh darah pada bagian perut berupa lima pasang aorta yang biasa disebut jantung pembuluh karena ikut berperan di dalam memompa cairan darah untuk diedarkan ke sluruh tubuh.
 Bagian Kepala terdapat:
1.          Satu pasang mata facet (majemuk), mata tunggal (ocellus), dan satu pasang antena sebagai alat peraba.
2.      Alat mulut serangga berdasarkan fungsi dan cara makan dapat dibedakan antara
lain adalah:
- Mandibulata (alat mulut menggigit-mengunyah) Contoh : Ordo Orthoptera
Terdiri atas: Labrum, mandibel (untuk memotong, mengunyah, maksila (untuk melembutkan makanan), labium (membantu memegang makanan)
- Haustelata (alat mulut menusuk-menghisap, meraut menghisap)
• Menusuk-menghisap, contoh: ordo Hemiptera. Terdiri atas labrum (cuping), rostrum (labium), dan stilet (modifikasi dari mandibel dan maksila)
• Meraut-menghisap, contoh: Thrips; Alat mulut abnormal (hanya 1 stilet mandibel yang berkembang)
Terdiri atas 1.  stilet mandibel kiri, 2. stilet maksila, labrum, rostrum.
- Alat mulut tipe khusus (alat mulut mengkait menghisap), contoh: Bactrocera dorsalis, larva ordo  Diptera (lalat, nyamuk). Terdiri atas: kait mulut dan otot penggerak kait mulut [pentingnya mempelajari alat mulut karena berkaitan dengan kerusakan yang ditimbulkan pada tanaman. Bagian mulut ini terdiri atas rahang belakang (mandibula), rahang depan (maksila), dan bibir atas (labrum) serta bibir bawah (labium)
2. Dada (thorax) terdiri atas tiga ruas yaitu prothorax,mesothorax dan metathorax. Pada segmen terdapat sepasang kaki. Kaki berubah bentuk disesuaikan dengan fungsinya yakni:
a.       kaki untuk menggali (anjing tanah)
b.      kaki untuk meloncat (belalang)
c.       kaki untuk berenang (kumbang air)
d.      kaki untuk pengumpul serbuk sari
e.       kaki untuk berjalan (kumbang tanah)
f.       kaki untuk memegang (belalang sembah)
Pada setiap mesotoraks (mesothorax) dan metatoraks (metathorax) terdapat dua pasang sayap, tetapi ada pula yang tidak memiliki sayap.
3.      Perut (abdomen) memiliki sebelas (11) ruas atau beberapa ruas saja. Pada belalang betina, bagian belakang perut terdapat ovipositor yang berfungsi untuk meletakkan telurnya. Pada segmen pertama terdapat alat pendengaran atau membran tympanum.
Sistem saraf serangga terdiri atas otak dalam kepala di atas esofagus, ganglion subesofagus dihubungkan ke otak oleh dua penghubung, yang satu mengelilingi esofagus yang satu lagi menjadi saraf ventral. Sistem reproduksi dari serangga pada umumnya secara seksual. Selama perkembangannya serangga mengalami metamorfosis, baik metamorfosis sederhana maupun metamorfosis sempuma.


42 komentar:

  1. Ass.wr.wb…. …
    Mksh bngt ya bu udah bwt ulasan ttg ENTOMOLOGI, jadii tinggal copas ajja  sungguh benar –benar ngebantu,, Alhamdllh dgn ini referensinya makin bxk menambah wawasan, smga trus di update,, once maksh bngtt ya 
    By Andi Muhajira 0920.784 ( 5.C Bio)

    BalasHapus
  2. Asslm...wr.wb
    Alhamdulillah ibu sudah membuat gebrakan yg sangat keren melalui media ini kami dapat belajar dgn jalur OL & Materi yg disajikan sangat menarik krn mengenai serangga yang kadang menjadi teman dan kadang menjadi musuh thanks bu ^_^
    Kami tunggu gebrakan selanjutnya ya bu....
    By Ernitasari (0920932)

    BalasHapus
  3. Makasih banget ya bu...dgn adanya blog ini kami dapat memperdalam ilmu kami mengenai dunia serangga thank before
    Erdiana Nurasia 0920809 (Biologi V/b)

    BalasHapus
  4. NAMA : HERAWATI
    NPM :1121312
    KELAS : B

    BalasHapus
  5. ijin sedot materinya bu
    NAMA : FIRSAN
    KELAS: 5.C BIOLOGI
    NPM : 0920815

    BalasHapus
  6. JANGAN PERNAH LELAH UNTUK MENGAJAR KAMI
    NAMA : YUNAN
    KELAS: 5.C BIOLOGI
    NPM : 0920908

    BalasHapus
  7. syukron. telah mengunjungi pelangibiologi

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Ass....
    Semoga ulasan materi ini bermanfaat buat kami sebagai bahan ajaran ke depannya. the next, wE wait for a better review the material again. dan yang pastinya bermanfaat buat kami semua.
    terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    wassalamm............
    By DARSI MULIATI..0920905...BIOLOGI V.C

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. assalamu alaikum........
    thanks bu' untuk postingannya.materi ini dapat memberi tambahan pembelajaran bagi kami terutama bagi saya pribadi dan semoga tambah baik lagi.....oya hampir lupa jangan pernah bosan mengajarkan kami......
    tetap eksis!!!! :-)
    NAMA : MUSMULIADI
    NPM : 0920836
    KELAS : VA BIOLOGI

    BalasHapus
  12. assalamu alaikum....
    bagi saya posting ini sangat menarik untuk dibaca.
    sehingga bisa menambah pengetahuan tentang kehidupan serangga baik yang merugikan dan menguntungkan kehidupan manusia.
    thanks for all bunda :)
    see U later..
    By :
    Name : Hasnindar. Y
    NPM : 0920944
    KLP : SIWA (Semester V)

    BalasHapus
  13. assalamu alaikum wr.wb
    terima kasih atas materi yang Ibu postingkang moga bagi kami semua
    NAMA :ASNI.B
    NPM : 0920797
    KELAS : 5.c BIOLOGI

    BalasHapus
  14. materi ibu sangat bermanfaat..........
    nama : erna elliana
    klp : siwa semester V

    BalasHapus
  15. ass,,,,terimakasih q untuk bunda atas materi yang diposting,semoga bermanfaat dan kami berharap bunda dapat memposting materi-materi yang lebih banyak lagi..sekali lagi terimahkasih..by,
    nama :nurmawati,
    kelas :biologi V/A
    Npm :0920847

    BalasHapus
  16. ass,,,
    makasih atas kesetiaan bunda buat kami kelas siwa walau jaraknya begitu jauh bunda tetap datang menyalurkan ilmu bunda khususnya posting ini sangat bermanfaat buat kami semua,,,, dan diharapkan materinya di postingkan lebih banyak lagi,,,, maksh
    Nama : Nur alang
    NPM : 0920950
    KLp : siwa
    bio V

    BalasHapus
  17. trims bu....ini sngt bermnft.

    nama :anwar sadat
    npm :0921013
    klp :siwa
    bio v

    BalasHapus
  18. makasi bu' materinya......

    nama:abdul rahman
    NPM: 0920909
    kelas; biologi 5.c

    BalasHapus
  19. assalamu alaikum........
    terima kasih bu' atas materi yang telah diajarkan kepda kami semua....terkhususnya bagi saya pribadi. semoga sukses selalu!!! amien
    nama : adi ansar
    npm : 0920883
    prodi : biologi V.a

    BalasHapus
  20. Ass,.......
    Terimakasih materinya ibu,..
    Nama : S U L F I D A
    Npm : 0920 868
    Prodi : BIOLOGI V.a

    BalasHapus
  21. Ass...
    Makasih banyak bu' atas materinya, semoga bermanfaat bagi kita semua terlebih bagi yang membutuhkannya. Amin

    NAMA : W A H Y U D D I N
    NPM : 0 9 2 0 8 7 6
    PRODI : B I O L O G I V A

    BalasHapus
  22. ass,,,
    makasih atas kesetiaan bunda buat kami untuk menyalurkan ilmu bunda khususnya posting ini sangat bermanfaat buat kami semua,,,, dan diharapkan materinya di postingkan lebih banyak lagi,,,, maksh
    Nama : M. Yunus Mardin
    NPM : 0920834
    KLp : Sengkang
    bio V.A

    BalasHapus
  23. assalamualaikum....

    terimah kasih atas materi yang telah ibuu berikan ...

    NAMA : NURFITRI
    NPM : 0920841
    PRODI : BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  24. ASS,WR,WB.....MAKASI BANGET YA BU TENTANG MATERIX,KAMI DAPAT MENPERDALAM ILMU KAMI MENGENAI DUNIA SERANGGA.
    NAMA :FATMAWATI
    NPM :0920941
    KLPK :SIWA
    SEMESTER:V

    BalasHapus
  25. terima kasih materinya
    nama :baharuddin
    npm : 1021186

    BalasHapus
  26. TERIMA KASIH MATERINYA MOGA BERMANFAAT BAGI AKU
    NAMA : WAHYUDI
    KELAS : 5.C BIOLOGI
    NPM : 0920877

    BalasHapus
  27. trimakasih atas materinya bu.ini sangat bermanfaat bagi kami....

    NAMA : MARNY.A
    SMESTER : V BIO
    KELOMPOK : SIWA

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum..

    terima kasih bu atas materiNya..semoga semuaNya bisa bermanfaat tuk masa yang akan datang...
    sekalian izin tuK Copy Paste yaa buu...

    Hmmm... Oia, bu sekedar saran.. knp tidak sekalian menampilkan nilai2 hasil ujian yang kemarin2..???

    NAMA : ANDI MEUTIA PRATIWI
    NPM : 0920787
    KELAS : BIOLOGI V C

    BalasHapus
  29. terimakasih bu' atas materinya
    semoga ini dapat bermanfaat bagi kami...terutama bagi saya pribadi........
    NAMA :INDRAYANI
    NPM : 0920830
    PRODI : BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  30. ass.wr.wb
    Mksih bxk bu tas materinyas sngat bermanfaat...

    NAma : Sri Rahayu Ningsi
    NPM : 0920865
    Kelas: 5b Biologi

    BalasHapus
  31. Ass. Wr. Wb
    thanks bu atas infox.Sangat membantu
    nama : Annasalamah
    npm : 1021167
    kelas: 5b biologi

    BalasHapus
  32. materinya sangat membantuh kami sebagai Mahasiswa jurusan Biologi dalam mempelajari fisiologi dan anatomi serangga (Entomologi).
    makasih Bu.....

    NAMA : MUH. SUCI RAMADHAN
    NPM : 0920985
    KELAS : V (LIMA). A BOLOGI

    BalasHapus
  33. ASS.. Yac bu atas postingannya semua sagt bermanfaat dalam proses belajar mengajr,,
    nama : nur alam
    npm : 0920994
    kelas : siwa
    biologi v

    BalasHapus
  34. Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Terima kasih atas postingan materinya,materi ini sangat bermanfaat bagi kami,kami tunggu postingan materi berikutnya...

    EKA MAYASARI
    0920939
    BIO V SIWA

    BalasHapus
  35. thanks yaa bu...materinya sangat bermanfaat bagi kami,,,dengan materi ini kami dapat mengetahui tentang kehidupan serangga

    NAMA : MARNI.A
    NPM :0920947
    BIOLOGI V SIWA

    BalasHapus
  36. trims...bu. smua materi ibu ini sangat bermanfaat

    NAMA :FATMAWATI spd[sarjana pacappu doi]

    NPM :0920941

    JURUSAN :BIO V

    KELOMPOK :SIWA

    BalasHapus
  37. ass
    makasih bu atas materinya
    nama:marianti
    biologi v
    siwa

    BalasHapus
  38. ass...
    terimah kasih materinya sangat menambah wawasan bagi kami
    nama : jusna
    biologi v
    siwa

    BalasHapus
  39. ass...
    terimah kasih postingannya sangat bermanfaat bagi kami semua
    nama:musdawati
    biologi v
    siwa

    BalasHapus
  40. ass,,,,
    terimah kasih Bu materinya sangat membantu dalam mengetahui tentang morfologi serangga
    nama:meldasari
    biologi v
    siwa

    BalasHapus