ASSALAAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUH

Sabtu, 12 November 2011

METAMORFOSIS SERANGGA


Pertumbuhan dan Perkembangan Serangga

Pertumbuhan dan perkembar.gan serangga mencakup pertumbuhan menjadi besar dan perubahan bentuk disertai dengan beberapa pengelupasan kutikula yangdisebut proses molting. Perkembangan dari setiap serangga terdiri atas tiga tahap utama yaitu tahap embrional, masa pra-dewasa dan dewasa.
Perkembangan embrio,terjadi di dalam telur yang cukup mendapat persendian kuning telur dan dikelilingi oleh kulit luar yang halus yang disebut korion (chorion) Perkembangan embrio dimulai segera setelah fertilisasi sehingga terbentuk zigot. Zigot  mengalami beberapa kali pembelahan inti dan perubahan-perubahan lainnya sampai menetas dari telur (eclosion).
Molting atau sebut saja “pergantian kulit” adalah suatu proses yang kompleks dan dikendalikan oleh  hormon-hormon tertentu dalam tubuh serangga molting meliputi  lapisan kutikula dinding tubuh, lapisan kutikula trakea, foregut, hindgut, dan struktur endoskeleton (McGavin 2001; Triplehorn & Johnson, 2005). Molting dapat terjadi sampai tiga atau empat kali, bahkan pada beberapa  serangga tertentu, molting dapat terjadi sampai lima puluh kali atau lebih selama hidupnya (McGavin, 2001).
Serangga termasuk arthropda lainnya (kalajengking, udang, lobster, dan lain-lain), memiliki kerangka luar yang disebut dengan eksoskeleton. Dalam pertumbuhannya,  serangga akan tiba pada titik dimana otot-otot tubuhnya tidak cukup kuat untuk mengangkat massa eksoskeletonnya. Exoskeleton ini menutupi sekeliling tubuhnya, tetapi tidak dapat tumbuh. Jadi, tubuh  serangga mengalami pertumbuhan (penambahan volume dan massa) tetapi eksoskeletonnya tetap pada konstruksinya atau tidak mengalami pertumbuhan. Akibatnya,  serangga harus melakukan molting beberapa kali selama hidupnya agar tetap eksis dan “survive” atau bertahan hidup untuk meneruskan generasinya, suatu bentuk adapatasi yang tidak hanya rumit tetapi juga sungguh luar biasa dan mengagumkan.
 Proses molting pada  serangga setidaknya, melewati tiga tahap, yaitu apolysis, ecdysis, dan sklerotinisasi.Kehidupan serangga pasca embrio dibagi-bagi ke dalam instar. instar merupakan suatu bentuk serangga di antara 2 kali mengelupas kutikula. yaitu bentuk serangga mulai menetas sampai pengelupasan kutikula pertama.
Telur menetas pengelupasan 1 pengelupasan 2 → dewasa
Instar 1                       Instar 2
Selama hidupnya jumlah pengelupasan tergantung dari jenis serangga, rata-rata terjadi 4 - 8 kali selama pertumbuhannya. Pada Odonata mengelupas 8 – 12 kali. Terdapat beberapa jenis Ephemeroptera mengelupas 20 kali. Serangga dewasa. pada umumnya tidak mengalami pengelupasan lagi, tapi ada jenis serangga yang mengelupas terus menerus. Waktu atau perioda pengelupasan disebut stadium.
Pada perkembangan serangga, perubahan ukuran tubuh yang paling dramatis terjadi pada waktu serangga tersebut berganti kulit. Dimana kutikula yang tua mengelupas dan digantikan dengan yang baru. Pengelupasan ini tidak hanya terjadi pada bagian luar tubuhnya saja, tetapi kutikula yang melapisi trakhea dan usus ikut mengeiupas juga.
Kulit bekas (cangkang) yang terjadi hasil pegelupasan disebut exuviae. Lapisan kutikula yang baru merupakan hasil sekresi dari lapisan hipodermis sebelum terjadi pengelupasan. Kemudian setelah itu kutikula lama memisahkan diri dan mengelupas.
Prose& pengelupasan kutikula atau molting ini merupakan proses yang kornpleks. Selama dalam proses molting, sel epidermis memperlihatkan kemampuannya yang mengagumkan dalam melakukan sintesis. Tahapan utama selama berlangsungnya proses molting meliputi, (1) apolisis, (2) pembentukan epikutikula, (3) pengendapan prokutikula bani, (4) ekdisis, (5) pengembangan prokutikuia, (6) pengerasan dan penggelapan warna, (7) pembentukan endokutikula selama masa antar molting.

1. Apolisis merupakan proses penarikan sel epidermis dari permukaan dalam kutikula lama. Antara sel epidermis dan kutikula terbentuk suatu rongga yang disebut rongga subkutikula. Suatu cairan molting gel kemudian disekresikan ke dalam rongga subkutikula dan di permukaan bawah molting gel tersebut terbentuklah kutikula baru. Pembentukan kutikula tersebut berlangsung untuk beberapa saat.
2. Pembentukan epikutikula dimulai ketika noktah rapat kelihatan pada ujung mikrovili yang halus yang menonjol keluar dari sel epidermis. Lapisan pertama yang diletakkan adalah kutikulin, sangat banyak lipatannya dan mengerut. Kutikulin akan menentukan luas permukaan dan pola permukaan dari kutikula baru. Berikutnya adalah epikutikula-protein-dalam diletakkan tepat di sebelah bawah kutikulin. Oleh suatu mekanisme yang mungkin mengikutsertakan suatu enzim peroksidase, kutikulin dan epikutikula-dalam distabilkan secara kimiawi dan menjadi tak larut.
3. Pembentukan prokutikula terjadi dengan pembentukan mikrofibril kitin di dalam rongga subkutikula di bawah inner epikutikula. Dengan berbahan baku molekul gula kecil, diikatkan bersama membentuk rantai lurus dari kitin dan 18-20 molekul kitin yang disusun sejajar dalam rangkaian parakristalin membentuk mikrofibril. Pada saat yang bersamaan dengan pembentukan kutikula baru, lapisan endokutikula dalam dari kutikula lama dicernakan oleh aktivitas molting gel. Molting gel mengandung enzim pencernaan yang pada saat disekresikan tidak aktif namun bila diaktifkan, keberadaan enzim tersebut terbatas pada rongga di atas kutikulin baru dan di bawah ejcsokutikula lama. Dengan demikian prokutikula yang baru saja dibentuk dilindungi•dari hirolisis enzim pencernaan. Ekdisa berlzngsar.g ketika kutikula lama pecah di sepanjang garis tengah punggung (mid-dorsan dari ecdysial suturel tengah-tengah toraks. Celah tersebut membesar kemudian serangganya bergerak-gerak dan keluar dari kutikula.
4. Kulit yang terlepas mengandung epikutikula, dan eksokutikula dan termasuk l:pid yang tak tercerna, protein dan kitin. Kitin dan protein pada endokutikula diserap kembali dan digunakan dalam pembentukan prokurtikula baru.
5. Pemuaian (ekspansi) dari kutikula baru yang masih lunak dan berwarna ke putih­putihan terjadi ketika serangga menelan udara untuk memuaikan dan meratakan kutikulin. Pada tahap ini banyak dari prokutikula direntang untuk memungkinkan peningkatan luas permukaan. Nampaknya protein meluncur satu di atas lainnya yang memungkinkan kutikula memuai dan tidak terdapat perlawanan daya pegas sebab protein belum terikat silang.
6. Pengerasan dan perubahan warna menjadi gelap menstabilkan prokutikula ban! yang sudah dimuaikan. Quinon yang terbentuk sebagai hasil oksidasi diphenol, terikat silang dengan protein kutikula. Quinon terutama banyak bereaksi dengan protein yang terdapat pada permukaan luar prokutikula dan dengan demikian terbentuklah eksokutikula.
7. Pembentukan endokutikula termasuk peletakan lapisan kitin dan protein berlanjut sampai beberapa waktu setelah pergantian kulit. Pada banyak serangga lamina endokutikula terbentuk setiap 24 jam sehingga umur kutikula dapat diketahui dengan cara menghitung garis pertumbuhan.
Proses pergantian eksoskeleton lama dengan eksoskeleton yang baru pada setiap pergantian,' kulit diatur secara hormonal oleh suatu jenis hormon yang disebut ekdison (ecdyson). Pada serangga, ekdison disekresi dari sepasang kelenjar endokrin, yang disebut kelenjar protoraks, terletak persis di belakang kepala. Selain merangsang pergantian kulit, ekdison juga mendorong perkembangan karakteristikdewasa, seperti perubahan dari ulat menjadi kupu-kupu.
Sebagian besar serangga mengalami serangkaian tahapan larva, dimana setelah setiap molting (pergantian eksoskeleton lama) akan dihasilkan larva yang lebih besar. Pergantian kulit pada tahapan larva yang terakhir akan menghasilkan pupa, pada serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, tempat metamorfosis berlangsung dan menghasilkan serangga dewasa. Sel-sel neurosekresi di otak menghasilkan hormon otak (brain hormone, BH), namun hormon tersebut disimpan dan dikeluarkan dqri organ yang disebut korpus kardiakum. BH memberikan sinyal pada organ target utamanya, yaitu kelenjar protoraks, untuk menghasilkan hormon ekdison.
Sekresi hormon ekdison terjadi secara bertahap, dan setiap pembebasan hormon tersebut akan merangsang pergantian kulit. Hormon juvenil (JH), yang disekresikan oleh korvus allatum, akan menentukan hasil pergantian kulit tersebut. Pada konsentrasi JH yang relatif tinggi, pergantian kulit yang dirangsang oleh ekdison akan menghasilkan tahapan larva sekali lagi.Dengan demikian, JH menghambat metamorfosis. Akan tetapi, ketika kadar JH turun di bawah konsentrasi ambang batas tertentu, maka pupa akan terbentuk pada pergantian kulit (yang dirangsang oleh ekdison) berikutnya. Serangga yang sudah dewasa kemudian akan keluar dari pupa.
 Metamorfosis
Kebanyakan serangga berubah bentuknya pada/selama masa perkembangannya dan instar  yang berbeda semuanya tidak sama, perubahan ini disebut metamorfosis. Ada beberapa serangga selama perkembangannya ada yang mengalami perubahan bentuk yang sangat sedikit apabila mereka berganti kulit. Dimana serangga muda dengan serangga dewasa mirip, hanya berbeda dalam ukuran dan alat reproduksi dan kelamin luar belum terbentuk sempurna. Serangga dari kelompok ini digolongkan kedalam kelompok ametabola. Kelompok serangga primitif (Apterygota) merupakan contoh serangga yang mengalami perkembangan ametabola.
Serangga-serangga yang memiliki tahapan perkembangan dimana serangga muda dan serangga dewasa sangat berbeda baik bentuk maupun habitatnya dapat digolongkan menjadi kelompok hemimetabola (metamorfcsis sederhana) atau kelompok holomatabola (metamorfosis sempurna).
Hemimetabola (Metamorfosis Sederhana)
Gradual metamorphosis atau disebut juga simple metamorphosis. Serangga muda disebut nymph (nimfa) dan serangga muda ini mirip serangga dewasa. Mata majemuk jika pada serangga dewasa ada maka pada nimfa terdapat juga. Sayap berupa tunas pada insfar-instar permulaan dan baru bertambah besar jika telah mengalami pengelupasan akhir. Dan setelah itu sayap terus tumbuh sampai mencapai ukuran
Pada kelompok exopterygota, misalnya Odonata, Plecoptera, Ephemeroptera, yang mengalami hemimetabola, nimfa hidup di air. Nimfa yang demikian disebut naiad dan bernapas dengan insang trakea. Sedangkan serangga dewasa hidup di udara (aerial). Pada kebanyakan serangga baik nimfa maupun serangga dewasa hidup pada tempat yang sama. Perkembangan pada serangga hemimetabola adalah sebagai berikut telur -4 larva (nimfa) -4 dewasa
             Lama serangga menghabiskan waktunya pada fase dewasa atau pada fase remajanya tergantung pada spesies serangga itu. Misalnya mayfly yang hanya hidup pada fase dewasa hanya satu hari, dan cicada, yang fase remajanya hidup di bawah tanah selama 13 hingga 17 tahun. Kedua spesies ini melakukan   metamorfosis tidak   sempurna

Species
Telur
Larva/nimfa
Pupa
Dewasa
Lalat rumah
1 hari
2 minggu
1 minggu
2 minggu
kepik
4 hari
2 minggu
2 minggu
3-9 bulan
Kupu monark
4 hari
2 minggu
10 hari
2-6 minggu
Periodical cacida
1 bulan
13-17 tahun
Tidak lewati
2 bulan
Mayfly
1 bulan
3 tahun
Tidak lewati
1 hari
Kecoa
1 bulan
3 bulan
Tidak lewati
9 bulan
Holometabola (Metamorfosis Sempurna = complete metamorphose)
Kelompok serangga yang tergolong endopterygota, misalnya ordo Diptera, Coleoptera, Lepidoptera, dan Hymenoptera, tahapan hidupnya adalah telu, larva, pula dan dewasa. Serangga ini dinamakan holometabola atau mengalami perkembangan metamorfosis sempurna.  
Serangga muda sangat berbeda dengan serangga dewasa terutama bentuk dan kadang-kadang cara hidup dan habitatnya sangat berbeda. Serangga muda (larva)  permulaan kadang seperti cacing. Instar yang berbeda pada larva mernpunyai bentuk yang sama, kecuali dalam ukuran. Sayap yang terdapat pada serangga dewasa berkembang dalam tubuh larva dan tidak terlihat dari luar sampai berakhirnya instar terakhir.
Larva tidak mempunyai mata facet, punya atau tidak punya kaki dan kadang­kadang mempunyai kaki semu (proleg) pada bagian perutnya (abdomen). Larva biasanya mempunyai tipe mulut mengunyah, meskipun serangga dewasanya mempunyai alat menusuk. Pada masa pupa serangga dalarn keadaan istirahat. Pupa sering terdapat pada suatu `cocoon' atau bahan lain untuk perlindungan. Pada daerah yang beriklim dingin masa pupa terjadi pada musim dingin. Pada waktu serangga keluar dari pupa warnanya pucat, sangat lemah, sayap pendek, baru setelah beberapa lama kemudian sayap berkembang, warna timbul dan serangga menjadi kuat.
Pada kebanyakan serangga holometabola, terdapat masa diam (tidak aktif) pada larva instar terakhir sesaat sebelum pembentukan pupa. Inilah yang dinamakan tahap prapupa. Serangga yang sudah berganti kulit namun masih di dalam eksoskeletonnya yang lama dinamakan berada dalam tahap pharate.
Metamorfosis tak semourna

Metamorfosis Sempurna

Telur ---- larva --------- kepompong -------- dewasa

Larva nyamuk
Jentik dan kepompong nyamuk



 

Yos F. da Lopes. Molting Pada serangga Bagaimana Itu Terjadi?  Alasan - Proses - Pengaturan Dan Pengendalian  Hormon. Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering (MPLK) Politeknik Pertanian Negeri Kupang


Otang Hidayat. Dkk. Dasar-dasar Entomologi. Universitas Terbuka

www.harunyahya.com

45 komentar:

  1. akun baru bunda!
    wawang armansyah
    0920 880
    biologi 5 C sengkang

    BalasHapus
  2. Assalamu alaikum......
    terimakasih bu atas postingannya....ini dpat menambah wawsan kami semua.....
    MUSMULIADI
    0920836
    V.A

    BalasHapus
  3. assalamualaikum ibu,

    kapan soalnya di posting juga bu,teman2 udah pada nanya

    ummul annisa
    0920875
    5b pend. biologi

    BalasHapus
  4. makasih materinya lengkap dan mudah di pahami!!!!!!!!!!
    andi wahyu R
    0921009 V B biologi

    BalasHapus
  5. ass wr.wb.
    nama : Sri Rahayu Ningsi
    npm : 0920865
    kelas: 5b biologi

    makasih banyak bu atas materinya, sangat bermanfaat dalam pembelajaran mata kuliah entomologi & kapan diposting soalnya ??? terima kasih.

    BalasHapus
  6. Ass. Wr. Wb
    thanks bu atas infox.Sangat membantu
    nama : Annasalamah
    npm : 1021167
    kelas: 5b biologi

    BalasHapus
  7. terima kasih banyak atas materi yang ibu berikan mudah-mudahan ke depannya bermanfaat bagi kita semua ke depannya
    NAMA : ANDI MIRNAWATI
    KELAS:5.C BIOLOGI
    NPM :0920 986

    BalasHapus
  8. ass.wr.wb.
    syukran atas materix bu.... inie sngat membantu buat kami khususx untk PRODI BIOLOGI SEMESTER V..
    Mudah2an inie menjadi motivasi bwt kami agar lebh semangat. :-)

    NAMA : FITRI ANWAR
    NPM : 0920816
    PRODI : BIOLOGI VA

    BalasHapus
  9. Assalamu alaikum..............
    thanks banget atas materi yang telah ibu berikan kepada kami....mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya bagi diri saya pribadi....setelah saya mambaca materi ini jujur dapat membarikan motivasi untuk lebih giat mempelajarnya.......sekali lagi terimakasih!!!!!!!!
    WASSALAM..
    NAMA: SAHARUDDIN
    NPM : 0920852
    PRODI : BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  10. terima kasih atas postingannya bu,

    sitti nur azisa
    0920863
    5 b biologi

    BalasHapus
  11. assalmu alaikum....
    terimakasih atas materi yang telah diberikan kepada kami karena dapat menambah wawasan....semoga dapat bermanfaat terutama bagi saya pribadi......
    NAMA : SALMIAH
    NPM : 0920854
    PRODI : BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  12. assalamu alaikum..........
    terimakasih bu atas materinya

    SELFADRIANI
    0920859
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  13. terima kasih banyakbu atas materi yang ibu berikan mudah-mudahan ke depannya bermanfaat bagi kita semua ke depannya.....amin!!!!!!!

    SANAWIAH
    0920857
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  14. Assalamu alaikum..............
    terimakasih atas materi yang telah ibu berikan kepada kami....mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya bagi diri saya pribadi....setelah saya mambaca materi ini jujur dapat memberikan motivasi untuk lebih giat mempelajarnya.......

    BalasHapus
  15. ass,,,
    makasih atas kesetiaan bunda buat kami untuk menyalurkan ilmu bunda khususnya posting ini sangat bermanfaat buat kami semua,,,, dan diharapkan materinya di postingkan lebih banyak lagi,,,, maksh

    MUTMAINNA
    0920837
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  16. terimahkasih postingannya bu
    semoga ini dapat bermanfaat.......amin!!!!!!!


    NURDIN
    0920840
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  17. saya mengucapkan banyak terimaksih atas materi yang telah ibu berikan..............

    SUKARNI
    0920896
    BIO V.A

    BalasHapus
  18. makasih banyak bu atas postingan materinya..............

    ERNA
    0920810
    BIO V.A

    BalasHapus
  19. terimakasih banyak ku ucapkan atas postingan ibu......
    semoga postingan materi ini dapat bermanfaat .............
    amin!!!!!!

    AGUSRIADI
    0920903
    BIO V.A

    BalasHapus
  20. terima kasih atas postingan materi ibu moga bernfaat bagi kami semuanya, amin...........
    nama : andi jumiati
    kelas: 5.c
    npm : 0920 789

    BalasHapus
  21. terima kasih atas postingan materi ibu moga bernfaat bagi kami semuanya, amin...........
    nama : hasniar
    npm : 0920 900
    kelas: 5.c bio

    BalasHapus
  22. ibu terima kasih materinya moga bermanfaat
    Nama : Andi jumedi Atmar
    Npm : 0920 785
    kelas : 5.c Biologi

    BalasHapus
  23. terima kasih atas materinya
    nama : Nurlinda
    Npm :0920 844
    kelas :5.c biologi

    BalasHapus
  24. teriaksih atas materinya bu'............semoga bermanfaat.............amin!!!!!!!!!

    MUH. GUSTI MAMMA
    0920983
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  25. terimakasih atas postingan ibu' semoga ini dapat bermanfaat bagi kami semua terutama bagi saya pribadi....!!!!!!!!!

    SUNARTI
    0920870
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  26. assalamu alaikum.......terimakasih atas postingannya....semoga bermanfaat.....amin!!!!!!!!!!1

    SULFIANA
    0920869
    BIO V.A

    BalasHapus
  27. Assalamu alaikum Wr. Wb
    terimakasih bu' postingannya
    mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi saya pribadi......postingnya ditambah yach bu'!!!

    ROSMAWATI
    0920851
    bio v.a

    BalasHapus
  28. assalamu alaikum.........
    thanks atas postingannya bu' kalau bisa di tambah lagi yach bu'.......

    ELIANA
    0920808
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  29. terimakasih tas materinya bu' mudah - mudahan bermanfaat....amin!!!!!!!

    SUKMAWATI
    0920987
    BIOLOGI V.A

    BalasHapus
  30. terima kasih tas materinya......semoga dapat bermanfaat........amin!!!!!!!!!


    NIRWANA R
    0920838
    BIO V.A

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. terimakasih atas postingan materinya bu' semoga dapat bermanfaat bagi kami semua terutama bagi saya pribadi.......amin!!!!!!!!

    SUTRIANI
    1021123
    BIOLOGI V.A (LANJUTAN)

    BalasHapus
  33. terima kasih atas materinya......semoga bermanfaat.....amin!!!!!!


    HASNAWIAH
    0920822
    bio v.a

    BalasHapus
  34. Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Terima kasih materix...
    Materix sangat bermanfaat bagi kami!!!

    EKA MAYASARI
    0920939
    BIOLOGI V SIWA

    BalasHapus
  35. Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Terima kasih,diharapkan postingan materinya ditambah yha...

    EKA MAYASARI
    0920939
    BIOLOGI V SIWA

    BalasHapus
  36. assalamu alaikum.......
    terima kasih atas postingan materinya bu'
    ini bisa menjadi penambahan materi buat kami dan terutama bagi saya pribadi..........

    NAMA : BESSE NURHASNIATI
    NPM : 0921012
    PRODI : V.A

    BalasHapus
  37. ass.........
    terima kasih atas materinya ini bu'
    mudah - mudahan ini dapat bermanfaat bagi kami semua terutama bagi saya pribadi........tetap eksis bu'!!!!!!!

    NAMA : HUSNAH
    NPM : 0920824
    PRODI : V.A BIOLOGI

    BalasHapus
  38. terimah kasih materinya......
    numpang sdot materinya bu'

    NAMA : WAHYUNI NUR ALSAN
    NPM : 0920879
    PRODI : BIO V.A

    BalasHapus
  39. makasih materinya bu' penyusunan materinya terssusun dengan baik dan sistematik.......
    semoga ini dapat bermafaat bagi kami semua terutama bagi saya pribadi.....amin!!!!

    NAMA : ANDI RISKARAHAYU
    NPM : 0920788
    PRODI : BIO V.A

    BalasHapus
  40. assalamu alaikum..........
    makasih banyak bu' atas materinya......karena ini dapat manjadi penambahan pengetahuan.......

    NAMA : SUHARTINI
    NPM : 0920866
    PRODI : BIO V.A

    BalasHapus
  41. ASSALAMU 'ALAIKUM...
    JAZAKILLAH TO ILMUNYA YA BU....!!!
    NAMA:HERAWATI
    NPM:1121312
    KELAS:VB

    BalasHapus
  42. ass.wr.wb

    alhamdulillah....postingannya sangat menarik bu,,, sangat bermanfaat bagi kami khususnya bagi saya pribadi...thanks yaa bu....!!!!!

    NAMA : MARNI.A
    NPM : 0920947
    BIOLOGI V SIWA

    BalasHapus
  43. makasi bu tas materi pelajaranya ini bermanfaat sekali bagi kami
    yusman
    0920936
    bio v soppeng

    BalasHapus