Senin, 17 Oktober 2011

soal remedial Kelas X.2 Bab 1

 A. Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban  yang benar
1. Menurut sistem tiga kingdom, makhluk hidup dibagi sebagai berikut . . . .
a. Plantae, Animalia, Monera
b. Plantae, Animalia, Protista
c. Plantae, Animalia, Fungi
d. Plantae, Animalia, Archaeobacteria
e. Plantae, Animalia, Eubacteria
2. Pencetus teori abiogenesis atau generatio spontanea adalah . . . .
a. Francisco Redi
b. Louis Pasteur
c. Lazzaro Spallanzani
d. Schleiden
e. Aristoteles
3. Bagian sel yang berperan sebagai pusat pengaturan segala proses  yang terjadi di dalam sel adalah . . . .
a. badan golgi
b. mitokondria
c. ribosom
d. nukleus
e. retikulum endoplasma
4. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah . . . .
a. dinding sel hewan kuat, dinding sel tumbuhan tipis
b. dinding sel hewan tipis, dinding sel tumbuhan kuat
c. sel tumbuhan tidak mempunyai vakuola, sel hewan mempunyai vakuola
d. sel tumbuhan tidak berplastida, sel hewan berplastida
e. sel tumbuhan di dalam intinya terdapat sentrosom, sel hewan tidak
5. Jaringan pada hewan, yang berfungsi mengoordinasikan dan meneruskan rangsang adalah . . . .
a. jaringan epitel
b. jaringan ikat
c. jaringan saraf
d. jaringan darah
e. jaringan tulang
6. Jaringan mesofil pada tumbuhan berfungsi untuk . . . .
a. melindungi permukaan tubuh tumbuhan
b. membuat makanan dengan proses fotosintesis
c. menyokong dan menguatkan tubuh tumbuhan
d. menghasilkan sel-sel baru untuk pertumbuhan
e. mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh
7. Kelompok individu dari satu spesies yang menduduki areal tertentu disebut . . . .
a. individu
b. ekosistem
c. bioma
d. komunitas
e. populasi
8. Pada bioma tundra didominasi oleh tumbuhan . . . .
a. lumut
b. rumput
c. kaktus
d. tumbuhan berbunga
e. tumbuhan paku
9. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus, yaitu . . . . .
a. zoologi
b. ekologi
c. botani
d. embriologi
e. bioteknologi
10. Manfaat mempelajari biologi di antaranya adalah . . . .
a. menjadi takut karena terdiri berbagai cabang ilmu
b. menjadi kurang berkembang karena ilmu yang dikajinya terbatas
c. kurang memuaskan dibanding mempelajari ilmu yang lain
d. kurang bisa menerapkan secara langsung pada kehidupan karena terlalu umum
e. di bidang pertanian bisa menghasilkan varietas baru karena ada genetika, evolusi, dan taksonomi
11. Pengertian biologi yang paling tepat adalah . . . .
A. ilmu yang mempelajari tentang semua makhluk hidup sekarang ini
B. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup pada masa kini dan
pada masa lampau
C. ilmu yang mempelajari keseimbangan alam
D. ilmu yang mempelajari hubungan produsen dan konsumen
E. ilmu yang mempelajari komponen-komponen ekosistem
12. Seorang mahasiswa ingin menjadi ahli kanker, maka dia harus memperdalam pengetahuan di bidang . . . .
A. parasitologi
B. embriologi
C. genetika
D. patologi
E. sitologi
13. Hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya merupakan masalah penting dalam biologi. Bidang pengetahuan yang mempelajari masalah ini adalah . . . .
A. genetika
B. ekologi
C. fisiologi
D. taksonomi
E. zoologi
14. Untuk memudahkan objek studi yang sangat beraneka ragam, kita perlu menggolong-golongkan (mengklasifikasikan) dan memberi nama ilmiah. Cabang biologi yang mempelajari hal ini adalah . . . .
A. embriologi
B. fisiologi
C. taksonomi
D. evolusi
E. botani
15. Dalam usaha meningkatkan produksi pangan, para peneliti telah berhasil mengembangkan bibit unggul dengan cara hibridisasi. Ilmu yang mendasari cara ini disebut . . . .
A. taksonomi
B. zoologi
C. botani
D. genetika
E. anatomi
16. Akhir-akhir ini sering kita dengar berita bahwa banyak ibu-ibu melahirkan bayi yang cacat. Sebetulnya bayi yang cacat sejak dalam kandungan dapat dipelajari dalam ilmu . . . .
A. embriologi
B. genetika
C. patologi
D. teratologi
E. urologi
17. Berikut ini yang bukan merupakan cabang ilmu biologi adalah . . . .
A. anatomi
B. embriologi
C. virologi
D. planologi
E. botani
18. Untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam biologi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah . . . .
A. melakukan eksperimen
B. menyusun hipotesis
C. merumuskan hukum
D. mengemukakan teori
E. mengadakan observasi untuk mengumpulkan data
19. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah.
1. Mengelola data.
2. Menyusun hipotesis.
3. Prediksi kesimpulan.
4. Mengidentifikasi masalah.
5. Melakukan percobaan.
6. Mengomunikasikan hasil penyelidikan ilmiah.
Urutan yang benar adalah . . . .
A. 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
B. 2 - 1 - 4 - 5 - 3 - 6
C. 2 - 1 - 5 - 4 - 3 - 6
D. 4 - 1 - 2 - 5 - 3 - 6
E. 4 - 2 - 3- 5 - 1 - 6
20. Ada hubungan antara benda aneh berbentuk cincin di dalam sel darah merah penderita malaria. Hal ini merupakan . . . .
A. kesimpulan hasil eksperimen Charles Laveran
B. masalah yang dihadapi Charles Laveran
C. hasil pengumpulan data Charles Laveran
D. hipotesis yang perlu diuji oleh Charles Laveran
E. teori yang dikemukakan oleh Charles Laveran
21. Untuk membuktikan bahwa penyakit malaria disebabkan oleh benda aneh berbentuk cincin, Charles Laveran . . . .
A. melakukan observasi
B. merumuskan masalah
C. menyusun hipotesis
D. mengadakan eksperimen
E. merumuskan kesimpulan
22. Ronald Ross memastikan bahwa Anopheles merupakan vektor malaria. Kepastian tersebut diambil berdasarkan suatu . . . .
A. teori
B. observasi
C. eksperimen
D. pengalaman
E. hipotesis
23. Berikut ini beberapa manfaat perkembangan ilmu biologi, kecuali . . . .
A. menemukan bibit unggul
B. mengkloning embrio
C. mengembangkan teknik inseminasi
D. membuat senjata biologi
E. membuat obat-obatan
B. ESSAI
Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar
1. Apa yang mendasari biologi disebut sebagai ilmu? Jelaskan.
2. Bagaimana hubungan biologi dengan sains lainnya? Jelaskan
3. Jelaskan tahapan kerja ilmiah dalam mempelajari biologi.
4. Bagaimana perkembangan biologi di zaman modern sekarang ini? Jelaskan.
5. Sebutkan tingkatan organisasi kehidupan dan contoh permasalahannya bagi biologi.

1 komentar: