Minggu, 04 Desember 2011

kecoak

Kecoak atau  coro adalah insekta dari ordo Blattodea yang kurang dari 3500 species dalam 6 family.Kecoa terdapat hampir di seluruh belahan bumi,kecuali di wilayah kutub.
            Kecoak adalah serangga yang cukup disegani dan ditakuti oleh banyak orang  karena kecoak diyakini sebagai salah satu hewan tertua di dunia yang berasal dari zaman purba yang sudah hadir sejak 300 juta tahun yang lalu tanpa banyak berevolusi.
            Kecoak dapat bertahan hidup selama  berhari-hari tanpa kepala.karena kecoak tidak butuh otak untuk alat kontrol tubuh.Ia juga tidak butuh kepala untuk bernapas.Kehilangan kepala juga tidak membuatnya kehabisan darah.Tetapi,Ia membutuhkan kepala  untuk makan.Jadi,akhirnya kecoak akan mati juga karena kehilangan kepala.
            Ketahanan kepala diimbangi pula dengan kecepatannya berkembang-biak.Dalam sebulan ia bisa menghasilkan lipas junior lebih dari 40 ekor.Mereka makan apa saja,feses,lem,sisa makanan di dapur,organisme mati,bahkan keturunannya sendiri dilahap semuanya.
            Di antara species yang paling terkenal adalah Kecoak Amerika “Periplaneta americana”yang panjangnya 3 cm.Kecoak jerman “Blatella germanica”,demean panjang 1,5 cm.Dan kecoak Asia “Blatella asahinai”,demean panjang  sekitar 1,5 cm.
a.    Cirri-ciri kutu jangkrik
  1. Kecoak bisa Terbang:   Kecoak  bisa terbang ,tapi ia jarang terbang karena jika terbang tubuh mereka akan panas 
  2. Mati Telentang:
Beberapa insektisida dapat menyebabkan kekejangan otot dan  kekurangankoordinasi otot,yang menyebabkan serangga terbalik posisinya,Tanpa kemampuan untuk mengontrol ototnya,kecoak bisa mati dalam keadaan telentang. 
    3.   Vocal Cords
            Madagascar hissing cocroach yang terkenal ,dipercaya satu-satunya serangga yang menggunakan lorong udaranya untuk membuat suara.
4. Tidak Berkepala
            Kecoak tidak membutuhkan kepala untuk dapat bertahan hidup karena :
·         Mereka bernapas melalui ventilator di seluruh tubuh dan otak tidak mengontrol fungsi ini.
·         Kecoak tidak memiliki tekanan udara seperti pada mamalia dan tidak akan “bleed out”
·         Sebagai seekor hewan berdarah dingin ,makanan yang sedikit dapat bertahan sebulan penuh.
5.   Mereka sangat Cepat
            Penelitian menunjukkan bahwa kecepatan kecoak Amerika tercatat mendekati 2 mil per jam (75 cm per detik )
6.   Kecoak dan Radiasi
            Pembelahan sel di tubuh kecoak lebih lambat daripada pembelahan sel di tubuh manusia.Karena itu,sel tubuh mereka lebih tahan terhadap radiasi.
b.    Siklus kehidupankecoak  
Kecoak  mempunyai siklus hidup  7 bulan
c.    Reproduksi kecoak
Sitem perkembangan tidak sempurna atau metamorfase hemimetabola yang berarti serangga ini tidak mengalami kepompong.
·         Tahap Telur Seekor kecoak butuh waktu 30 – 40 hari sampai menetas. Telur kecoak tidak diletakkan sendri-sendiri namun secara berkelompok. Kelompok telur ini dilindungi oleh selaput keras  yang disebut kapsul, telur ini diletakkan di tempat tersembunyi Seekor kecoak dapat menghasilkan sekitar 86 kapsul telur dengan selang waktu perletakan yang satu dengan yang lainnya rat-rata 4 hari.   di dalam hidupnya sebuah kapsul telur yang telah dibauahi oleh kecoak jantan akan menghasilkan nimfa.
·         Tahap nimfa hidup bebas dan bergerak aktif. Nimfa yang aru keluar dari kapsul biasanya berwarna putih seiring bertambahnya umur warna ini akan berubah menjadi coklat. Lama stadium nimfa ini berkisar 5 – 6 bulan.
·         Tahap Dewasa ditandai dengan adanya sayap dan lebih bebas bergerk dan berpindah tempat.
Kecoak dalam mempertahankan hidup
Kecoak terkenal sebagai hawan yang sangat lihai melarikan diri dari serangan pemangsa.Kecoak mampu mendeteksi bahaya di sekelilingnya melalui penciumannya.Mungkin hal ini yang membuat hewan beratena ini bertahan di bumi sejak 300 juta tahun yang lalu hingga saat ini.
            Kecoak mampu bertahan hidup karena kecoak memiliki semacam rambut halus yang berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi bahaya.Rambut-rambut itulah yang memberitahu kecoak jika ada bahaya yang datang.Jadi,mereka bisa demean cepat melarikan diri..Rambut itu juga berfungsi mendeteksi adanya gerakan di sekitar kecoak melalui perubahan tekanan adara karena rambut-rambut itu sangat sensitif.
            Sebagian besar kecoak  sangat takut pada cahaya dan biasanya mereka akan menyembunyikan diri jika melihat cahaya.Kecoak ada juga yang memiliki sayap dan ada juga yang tudak.Meskipun begitu kecoak juga tidak selalu bisa terbang karena akan membuat tubuhnya panas.
            Dalam hal mempertahankan hidup,kecoak mampu bertahan 1 bulan tanpa makanan dan mampu bertahan satu minggu tanpa air.Bahkan kecoak mampu bertahan hidup tanpa kepalanya selama satu minggu.
d.    Klasifikasi Kecoak
Kerjaan                : Animalia
Filum                    : Arthropoda
Kelas                    : Insecta
Upakelas             : Pterygota
Infrakelas                        : Neoptera
Ordo                     : Orthptera
Sub ordo              : Blattodea
Family                  : Blaberidae
                                Blattellidae
                                Cryptocercidae
                                Polyphagidae
                                Nocticilidae

e.    Kecoak bagi manusia
1)    Manfaat Kecoak
ü  Merupakan bagian dari rantai makanan Sebagai santapan binatang lain.
ü  Membantu membersihkan lingkungan kita dari sisa-sisa organisme.
     Jika anda merasa sudah rajin membersihkan rumah,tapi mesih melihat kecoak menghiasi dapur anda,jangan merasa terganggu dan sebaliknya bergembiralah karena itu sesungguhnya bukti bahwa lingkingan rumah anda sudah bersih.Karena bersihnya sehingga anda tidak menyisakan makanan bagi sejumlah kecil kecoak.Akhirnya,mereka nekat mengorek-ngorek sisa makanan dapur
2)    Kerugian
ü  Menyebabkan global worming
                 Studi menunjukkan bahwa kecoak kentut rata-rata tiap 15 menit.Bahkan setelah mati,mereka akan tetap melepaskan metana hingga 18 jam.Dalam skala global,gas dalam perut serangga diperkirakan menyumbang 20% dari semua emisi metana.
ü  Kecoak menyebabkan Asma
                 Alergi kecoak adalah kotorannya dan serpihan-serpihan dari bangkai kecoak yang menjadi debu dan masuk ke dalam tabung bronchial.Kepekaan terhadap debu ini memicu reaksi alergi bronchial yang dikenal denga Asma

1 komentar: